Tempat Cuci Film Kamera Analog di Bandung yang Masih Buka

Tempat Cuci Film Kamera Analog

Haloha yoyooooo.

Anjoy keren sekali openingku pakai haloha-haloha segala, padahal nanti tulisannya juga nggak ada isi apa-apa wakwaw.

Eh bentar, tapi kan nggak ada urusannya sapaan haloha dengan isi tulisan?

lagian...

HALOHA DOANG KEREN DARIMANANYA SEMPAKKKKKKKK!

Oiya, maap-maap. Aku khilap ehe.

Apakabar nih hari minggunya? Apakah di kota tempat kalian tinggal, cuacanya masih panas ngentang-ngentang? Anjir, aku hidup di Karawang cuacanya begini amat ; panas tiada angin dan lembab parah, meskipun kadang ujan deras petir dardirdor sih.

Bumi sedang kenapa ya?

Apa sudah menuaaaaaa dan akhir akan segera tiba?

Buset, serem amat.

Dahla, mari menikmati kehidupan dulu saja dengan mengimbangiiiii beribadah dan beristirahat asoyyyyyy.

Langsung saja pada intinya, meskipun aku tidak tau juga masih ada yang bermain kamera analog atau tidak. Soalnya menurut Pak Sufi sang ahli servis kamera analog ternama di Jogja, peminat kamera analog bertambah dan banyak konsumen yang nyervis kamera analog di sana. Tapi di satu sisi, bersoreria Yogyakarta, salah satu yang menyajikan tempat cuci film terbaik di Jogja eh malah tutup. Sedih sekali diri ini.

Mungkin nggak ada yang tau juga ya, tapi aku tetap akan menulis tentang kamera analog kadang-kadang di sini. Sekali-kali kamera lain, tapi utamanya adalah kamera analog. Anjay mantap benar wuwuwwwwww.

Gas aja dulu bikin headingnya kan yayayaa.

Tempat Cuci Film Kamera Analog di Bandung 

Tempat Cuci Film Kamera Analog yang Masih Buka di Bandung

Urang Bandung sini merapat dulu sebentar untuk menyimak masalah tempat cuci film kamera analog di bandung yang masih buka, asoy.

Aku punya sebuah keinginan yang mantap untuk bisa kembali jalan-jalan ke Bandung dengan bersenjatakan kamera analog. Rasanya beberapa heritage di Bandung itu seru-seru gitu loh untuk hunting foto pakai kamera analog, kayak street photo di Braga atau di tempat-tempat lainnya gitu.

Baca Juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog yang Masih Buka di Bogor

Aku membayangkannya sih mantap ya, sebagai orang luar Bandung yang jarang ke sana. Kalau bagi orang lokal Bandung mah, biasa, sebagaimana aku melihat Jogjaaaa wakwaw. Tapi terlepas dari semua itu, setiap kota punya keindahan tersendiri baik oleh orang lokal maupun wisatawannya.

Anjay, main aman.

Ehe.

Okay, nggak mau lama-lama, karena aku juga nggak tau tulisan ini ada yang membaca atau enggak, khususnya oleh para pecinta kamera analog. Berikut ku jabarkan tentang tempat cuci film kamera analog di Bandung yang masih buka hingga sekarang. Dimanakah itu semua? Yaudah, yuk dilihat sajaaaa yihyaaaaaaaa.

Cuci Film Kamera Analog di Bandung : Hipercat Lab

Tempat Cuci Film Kamera Analog Hipercat Lab Bandung

Selamat datang di kota Bandung yang mana masih banyak sekali tempat cuci filmnya, anjoooooy. Ehe, aseli dah. Bahagia banget kayaknya ya orang-orang Bandung yang menyukai kamera analog di sana, soalnya masih banyak bener tempat cuci film kamera analognya. Aku jadi cape mengetiknya nich, ehe.

Memang dasar aku pemalas sih.

Tapi gapapa, akan kutuliskan semuanya untukmu para pembaca yang kayaknya nggak ada.

Tempat cuci film kamera analog di Bandung yang masih buka yang pertama ingin kubahas kali ini adalah Hipercatlab. Widih, ini salah satu tempat cuci film kamera analog kondang di Bandung nih. Satu-satunya di Bandung malah, karena nggak buka cabang macam SNF, AnakAnalog, dan Bersoreria.

Baca juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog yang Masih Buka di Bekasi

Hipercatlab berlokasi di The Hallway Space, Pasar Kosambi, Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Jadi untuk temen-temen Bandung yang suka bermain kamera analog dan kebetulan rumahnya deket The Hallway Space, silakan cuci filmnya di sini yak. Kualitasnya bagus dong, dan menurutku Hipercatlab ini merupakan tempat cuci film kamera analog yang rekomended sih, karena beberapa pemain kamera analog lama di Bandung sering mencuci filmnya di sini.

So, ya gasgaskan saja deh ya. 

Untuk biaya cuci film kamera analog di Hipercatlab ini cukup beragam ya, mulai dari Rp. 50.000 dan bisa milih pakai scanner merk apa dan lain-lain. Banyak pilihan banget sih tentunya untuk cuci film kamera analog di Hipercatlab ini.

Nah untuk lebih jelasnya, aku jabarkan pricelist dari Hipercatlab di sini ya.

Biaya Cuci Film Kamera Analog di Bandung

Kalau kalian masih penasaran, silakan kunjungi saja instagramnya. Yuhuw, selamat mencuci film kamera analog di Hipercatlab sini. Ahuyyyyyyyyyyy.

Cuci Film Kamera Analog di Bandung : Soup 'N Film Lab

Tempat Cuci Film Kamera Analog Soup 'N Film Bandung

Tempat cuci film kamera analog di Bandung yang masiah buka selanjutnyaaaaaaaaa jatuh kepada Soup 'n Film lab, anjoooy. Siapa sih yang tidak tau lab cuci film yang satu ini? Di Bandung ada, Cilegon ada, Surabaya ada, Jakarta ada, Medan ada, yah pokoknya lengkap deh ya.

Menurutku, Soup 'n Film ini merupakan tempat cuci film kamera analog di Indonesia yang super niat, karena mereka selain cuci film juga jual beberapa peralatan develop, roll film, kamera, dan cuci film berbagai jenis format film.

Nah, untuk tempat cuci film kamera analog yang berada di Bandung ini, Soup 'n Filmnya beralamat di Jalan Gunung Batu No. 49 atau lebih tepatnya di seberang Yomart Gunung Batu. Silakan teman-teman yang berada di Bandung, khususnya di daerah Yomart Gunung Batu untuk dapat mencuci film kamera analognya di sana.

Asoy.

Baca juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog yang Masih Buka di Tangerang

Untuk biaya cucinya, tentu saja tidak jauh berbeda dengan biaya Soup 'n Film pusat yang berkisar mulai dari Rp. 60.000. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara drop filmnya dengan menghubungi instagram Soup 'n Film atau Soup 'n Film Bdg di atas ya, teruslah burning film wahai para pecinta kamera analog selagi tempat cuci filmnya masih ada.

Kalau nanti udah ngga ada, yaelah susa amat dunia ini.

Ehe. 

Cuci Film Kamera Analog di Bandung : Indigo Film Lab

Tempat Cuci Film Kamera Analog Hipercatlab Bandung

Selanjotnyaaaaaaaa tempat cuci film kamera analog di Bandung yang masih buka (kayaknya) adalah di Indigo Film Lab. Ini kayaknya ya, karena aku kurang yakin tapi aku tetap menulisnya saja karena... yah, ya gapapa toh ya ehe.

Mungkin nanti temen-temen yang kebetulan berada di Bandung dan lewat tapi ternyata sudah tidak buka, bisa minta infonya agar aku dapat mengupdatenya ya.

Ehe.

Oke lanjut. 

Indigo Film Lab ini merupakan salah satu tempat cuci film di Bandung yang cukup ternama, tapi aku dulu pernah nge-dm adminnya kok agak songong ya, barangkali waktu itu lagi mens atau gimana yah ga tau juga. Semoga sekarang sudah tobat dan mensnya berhenti.

Untuk lokasi, tempat cuci film kamera analog Indigo Film Lab ini berada di Pasar Antik Cikapundung, Jl. ABC Braga. Wih, tempat hitsnya Bandung nih, katanya. Siapa tau kan kalian ada yang lagi liburan di Bandung dan hunting foto di Braga kemudian mau sekalian mencucinya, ya silakan saja mampir di Indigo Film Lab ini. Ya, itu pun kalau masih buka ya. Ehe.

Untuk biaya cuci film kamera analog di Indigo Film lab ini berkisar di angka Rp. 50.000 ya, ya standar-standar tempat cuci film lah. Kalau harganya Rp. 2.000 itu mah gorengan anjirlah.

ETAPI GORENGAN APAAN MAHAL BENER.

Ya, ada lah.

So, yang mau mencuci film kamera analognya di Indigo Film lab, silakan gaskeun. Sekali lagi, ya kalau masih buka ya. Ehe.

Cuci Film Kamera Analog di Bandung : Seni Abadi Photo (SnAP)

Tempat Cuci Film Kamera Analog Seni Abadi Photo Bandung

Yohayooowwwwwwwwww yang berada di Bandung Wetan, kalau misal kalian sedang bingung mencari tempat cuci film kamera analog di daerah sana, silakan untuk mampir sejenak di Seni Abadi Photo atau biasa disingkat SnAp.

Baca Juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog yang Masih Buka di Jakarta

Berlokasi di Jalan Wastukencana No. 95 Tamansari Kecamatan Bandung Wetan, SnAP ini menjadi salah satu tempat cuci film kamera analog di Bandung yang memberikan cuci film dengan format lengkap. 35mm C41? Ada. 35mm ECN2? Ada. 120? Ada. APS? Ada juga Gile sih ini mah Soup n Filmnya Bandung yang superduper lengkap.

Untuk rate biaya-biayanya aku coba kasih di foto di bawah ya, kuambil langsung dari instagramnya Seni Abadi Photo Bandung. Cukup standar sih menurutku untuk ukuran cuci film kamera analog, apalagi lokasinya di Bandung.

Daftar Harga Cuci Film Kamera Analog di Bandung

Beberapa review yang aku lihat dari siapapun yang pernah nyobain cuci film kamera analog di Seni Abadi Photo Bandung ini sih, banyak yang merasa puas ya. Jadi, selagi masih ada, gaskeun saja untuk mencoba mencuci filmnya di sini.

Asoy bener uh ah.

Cuci Film Kamera Analog di Bandung : Nasir Photo

Tempat Cuci Film Kamera Analog Nasir Photo Bandung

Eh, ini saingannya Seni Abadi Photo deh kayaknya, karena tempat cuci film kamera analog di Bandung yang bernama Nasir Photo ini berada di Tamansari juga, tepatnya di Jalan Tamansari, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan.

Nasir Photo ini termasuk dalam legenda tempat cuci film kamera analog di Bandung sih, pasalnya secara tempat ini tuh nggak yang modern-modern amat gitu. Kayak terkesan lama-lama jadul begitu, makanya banyak yang bilang kalau tempat cuci film kamaera analog di Bandung ini masih jual roll film dengan harga murah, mungkin saja roll film expired ya?

Oh iya, untuk harga cuci film kamera analog di Nasir Photo Bandung ini standar normal ya di angka 50 ribuan seperti yang lainnya, karena ya pasarannya begitu. Masa 2 ribu? Itu mah parkir alfamart.

Ehe.

Baca juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog yang Masih Buka di Lampung

Yaaaa, karena tempat cuci film kamera analog di Bandung yang bernama Nasir Photo ini tergolong jadul, maka peralatan yang dipakai juga jadul tapi masih terawat hingga sekarang. Nyatanya, sampai sekarang masih melayani cuci film kamera analog.

Silakan saja yang merasa ingin mencoba mampir dan mencuci film kamera analognya di sini.

Gasken.

Cuci Film Kamera Analog di Bandung : Hikari Express Lab

Tempat Cuci Film Kamera Analog Hikari Express Lab

Siapa yang ngga tau hikari cam?

Wih, itu salah satu kamera analog reusable yang dulu pernah booming pada masanya, dengan logo dinosaurus gemas unyu-unyu uwuwuw. Dulu banget aku pernah pengen punya kameranya, ga kebeli, tapi syukur Alhamdulillah sekali dapet giveawaynya anjoy.

Ehe.

Kamera tersebut aku pakai untuk hunting foto saat berada di Bandung. Sunggu sangat macho sekali kan dirikuw ini?

Nah, selain menjual kamera reusable gemas, hikari pun juga ada express labnya loh ya. Ya, salah satu tempat cuci film kamera analog di Bandung yang masih buka gitu deh. Beralamat di Jalan Kancra No. 44 Burangrang, Kecamatan Lengkong, silakan sekali untuk para pemain kamera analog yang mungkin berada di sekitar Lengkong Burangrang untuk mampir ke sini. Ngapain nyuci film kamera analog di Ostrali? Mending di sini aja ya kan ya.

Harga Cuci Film Kamera Analog Di Bandung

Untuk pricelistnya, sedikit beragam ya. Cuci Film Kamera Analog Paling murah di tempat ini adalah Rp. 40.000 untuk low resolution. Kalau yang bagus, ya standar di Rp. 50.000 dong pun.

Bebas sebagaimanya kalian aja lah ya.

Ehey.

Cuci Film Kamera Analog di Bandung : Saparua Film Lab

Tempat Cuci Film Kamera Analog Saparua Film Lab Bandung

Hmm...

Saat aku menulis ini, aku baru mendapatkan informasi di google maps bahwasanya tempat cuci film kamera analog di Bandung bernama Saparua Film Lab ini sudah permanently closed. Sedih sekali sebenarnya, karena makin lama, makin banyak tempat cuci film kamera analog yang tutup.

Kayaknya peminatnya sudah berkurang ya?

Atau, ya harga-harganya makin meninggi dan susah sekali untuk dipenuhi?

Ya, begitulah.

Aku bisa minta tolong untuk dibantu cek perihal lokasi tempat cuci film kamera analog di Saparua Film Lab Bandung ini nggak ya? Barangkali masih buka, atau beroperasi secara online di uganda?

Hmm, alamatnya di Jalan Ambon, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan ya kalau misal kalian ada yang mau cek di sana. Instagramnya masih aktif sih, per 19 minggu yang lalu tapi. Dah lama sekali. Sedih sekali ya kalau memang beneran tutup.

Alamat Tempat Cuci Film Kamera Analog di Bandung

Huft.

Yasudah, begitu saja.

Tulisan ini aku sudahi dengan rasa sedih. Semoga tempat cuci film kamera analog di Bandung makin makmur dan banyak pasarnya. Biar nggak tutup, biar aku bisa main lebih lama lagi.

Hmm.

Terima kasih.

1 Comments

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.