Tempat Cuci Film Kamera Analog di Yogyakarta yang Masih Buka

Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja (Source : analoguewonderland.co.uk)

Halohowwwww

Kembali ke pembahasan kamera analog ulala uhuw,

Ehe, masi mantap jiwa kan yawwww? tentuw saja dongpun ah uw uwuw, semoga sih. Meskipun ku sedikit ragu juga bahwa kamera analog masih diminati oleh orang-orang di luar sana. Tapi, nggapapa, kehidupan memang demikian kadang-kadang.

Soalnya gimana ya, kemarin sewaktu aku balik ke Jogja sejenak untuk hunting kamera analog, beberapa tempat cuci film kamera analog langgananku sudah tutup permanently, yaitu bersoreria. Padahal menurutku itu tempat cuci film kamera analog di jogja yang bernama bersoreria ini sunggu macho dan mantap loh.

Tapi ya, mungkin konsumennya menurun atau target bulanan tidak tercapai.

Yaaaa, yasudahlah.

Kujuga makin pesimis kembali untuk perduniaan kamera analog huft.

Nggak perlu berlama-lama lagi deh ya, ayok kita jabarkan terkait tempat cuci film kamera analog yang masih buka di Jogja, sebelum itu, gasken bikin headingnya dulu biar mantap uhuw.

Tempat Cuci Film Kamera Analog di Yogyakarta yang Masih Buka

Cuci Film Kamera Analog di Jogja (Source : shotkit.com)

Jogja adalah tempat wisata termantap yang mungkin pernah ada di Jawa, buatku pribadi sih, cukup menenangkan ya bisa hidup di Jogja untuk waktu yang lama. Meskipun sekarang bisa dibilang jarang di Jogja, tapi tetap saja, ketika kembali ke sana, ya ada aja rasa bahagia yang muncul saat keliling di tempat-tempat biasa seperti pasar, malioboro, alun-alun, atau sudut-sudut lain.

Hal yang lebih menyenangkan lainnya di Jogja adalah banyaknya komunitas yang masih aktif di sana, salah satunya adalah komunitas kamera analog yang mereka sering menyebutnya dengan panggilan Analog Diningrat.

Anjay, keren maksimal memang ya.

Baca juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog di Bandung yang Masih Buka

Dikarenakan Jogja kota wisata dan banyaknya komunitas yang masih menyala, maka tidak menjadi mengherankan jika itu dijadikan sebagai market oleh suatu produsen dalam menjajakan jasanya, salah satunya adalah tempat cuci film kamera analog.

Gile sih ini mantap jiwa.

Ku yakin, di beberapa waktu yang akan datang ke depan, tempat cuci film kamera analog ini tidak akan hilang. Ya, meskipun konsekuensi dari itu semua hanya ada di harga cuci film yang mungkin akan melonjak tinggi.

Nggapapa, yang penting nggak mati.

Uhuw.

Lalu, kira-kira dimana sajakah tempat cuci film kamera analog di Jogja yang masih buka?

1. Cuci Film Kamera Analog di Jogja : Anak Analog Yk

Anak Analog Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja 

Anak analog merupakan tempat cuci film kamera analog di Jogja yang menjadi langgananku saat pertama kali bermain kamera analog, pun sampai saat ini. Tempat cuci film terbaik di Jogja menurutku setelah Bersoreria dan Soup n film ya. Tapi aku belum pernah mencoba mencuci di Soup n Film sih, ehe.

Alasan yang paling sederhana kenapa aku memilih Anak Analog Yk sebagai tempat cuci film kamera analog ini ya pertama karena murah dan cepat gitu sih. Secara hasil juga bagus dong ya. Selain itu mas-mas yang bertugas mendevelop roll film di anak analog yk ini pun juga asik dan enak diajak ngobrol, sebuah kelebihan tersendiri sih menurutku.

Karena tadi aku membahas masalah murahnya biaya tempat cuci film kamera analog di Jogja satu ini, maka aku akan menjabarkan berapa sih biaya cuci film di sini yak. Anjay.

Sebenarnya biaya cuci film di anak analog yk ini terbilang standar-standar aja, yaitu kisaran di harga 45k - 60k. Tapi mereka membuat flat segala jenis film gitu. Nah, kalau mau cuci film yang warna c41 ya segitu harganya. Mau cuci film warna yang ecn2? ya sama juga harganya. Mau cuci film b/w? ya segitu juga harganya.

Seru sih.

Itu sekitar 1 - 2 tahun ke belakang aku begitu.

Terakhir beberapa bulan lalu pun, harganya masih begitu. Tapi nggak tau kalau sekarang ya, setelah Bersoreria tutup dan persaingan pencucian roll film kamera analog di Jogja tidak terlalu ketat lagi, bisa jadi harganya makin naik, karena ya gimana lagi ya kan ya?

Tapi semoga tidak. Ehe.

Lokasi Anak Analog Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja

Untuk lokasi, kalian bisa menyambangi Anak Analog Yk yang menjadi salah satu tempat cuci film kamera analog di Jogja yang masih buka ini di area dekat-dekat bunderan samsat Jogja. Nanti silakan digoogle maps saja yak alamat yang kulampirkan di bawah,

Anjoy.

2. Cuci Film Kamera Analog di Jogja : Soup n Film

Soup n Film Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja

Bisa dibilang, ini merupakan tempat cuci film kamera analog di Jogja yang sudah cukup terkenal dengan pusatnya yang berada di Jakarta. Dimiliki oleh siapa? Siapa lagi kalau bukan Tompi si penyanyi dubidubidam dubidubidam itu dong pun anjay.

Siapa sih pemain kamera analog yang nggak tau tentang tempat cuci film yang satu ini? Aku pun waktu pertama kali main kamera analog, beli-beli roll filmnya di sini sih. Soalnya waktu itu yang deket banget sama rumah ya Soup n Film ini. Beuh, cuma sekilo doang soalnya. Tapi untuk cuci-film nggak pernah, soalnya lama, harus dikirim ke Jakarta dulu dan develop di sana. 

Baca Juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog di Bogor yang Masih Buka

Ehe.

Sekarang tempat cuci film kamera analog di Jogja yang satu ini sudah pindah ke area jalan kaliurang. Agak jauh maksimal. Bahkan lebih jauh dari kampusku ehe.

Tapi secara kualitas yang kulihat-lihat, ini soup n film bener-bener mantap jiwa sih. Lengkap juga apa yang dia jual, kayak semua format roll film yang kamu mau cuci, mereka menyediakan semua. Seru sekali sih emang.

Sebanding dengan nama besar yang mereka junjung.

Untuk masalah harga sebenarnya standar, tapi tergantung dari jenis dan format roll film apa yang kamu mau cuci yak. Kalau aku boleh bilang, soup n film ini merupakan tempat cuci film kamera analog yang premium banget lah di Jogja hehe.

Berikut daftar harga-harganya ya pabila dirimu membutuhkannya.

Harga Cuci Film Kamera Analog di Jogja Soup n Film

Anjay.

Yok gasken mencuci film kamera analog di Jogja uhuw.

3. Cuci Film Kamera Analog di Jogja : Central Digital

Central Digital Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja

Kalau dirimu lahir lebih dulu dariku dan sudah menjadi bapak-bapak tua umur empat puluhan yang bertempat tinggal di Jogja sejak lama, maka bapak seharusnya tau Central Digital. Soalnya, jika Soup n Film adalah tempat cuci film kamera analog di Jogja yang premium, maka Central Digital adalah tempat cuci film kamera analog di Jogja yang melegenda.

Bagaimana tidak? Central Digital yang beralamatkan di Jalan Solo ini sudah berdiri teramat dulu sekali. Ehe, dan menurutku mereka mampu bertahan hingga kini dan melayani cuci film kamera analog sih, keren ya. Soalnya peralihan dari Kamera Analog ke Kamera Digital dulu itu rasanya teramat berat, karena kamera analog bener-bener ditinggalkan dan semua harga terjun turun tak terkira.

Baca Juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog di Lampung yang Masih Buka

Siapa sangka, semesta menunjukkan keajaibannya kini. Lhadalah kamera analog yang dulu ditinggalkan, kini malah meramai dan jadi diminati kembali. Meskipun yah, nggak tau juga sih akan bertahan berapa lama. Ehe.

Tapi nggak masalah dong ya, selagi masih ada peminatnya, kamera analog akan tetap ada.

Lokasi Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja Central Digital

Untuk harga tempat cuci film kamera analog di Central Digital Foto Jogja ini sebenarnya berada di kisaran pada umumnya, yaitu Rp. 50.000 - Rp. 65.000  saja. Untuk teman-teman yang berada di Jogja, khususnya di area Jalan Solo, bisa banget loh kalian coba untuk cek kesana dan mencuci film kamera analognya.

Yah, di Jogja cukup menyenangkan karena masih ada beberapa tempat cuci film, sehingga kita bisa milih aja. Mau yang bagus, yang cepet, yang murah, atau yang deket.

Uhuw.

4. Cuci Film Kamera Analog di Jogja : Canail Film Lab

Canail Film Lab Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja

Sejujurnya, tempat cuci film kamera analog di Jogja yang bernama Canail Film Lab ini aku baru banget tau sih. Kemarin sempet iseng-iseng cek keyword tempat cuci film kamera analog jogja, eh, canail film lab ini muncul. Kayaknya ini tempat cuci film kamera analog yang baru buka di Jogja ya?

Eh, atau udah lama tapi aku baru tau aja?

Ya, mungkin iya.

Baca Juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog di Bekasi yang Masih Buka

Tapi ga tau juga deh, yang penting aku cukup senang karena semakin banyak juga tempat cuci film kamera analog di Jogja. Ehe.

Barusan aku google sebentar saat menulis ini, jadi Canail Film Lab ini adalah tempat cuci film kamera analog di Jogja yang diinisasi oleh KoyoPasar Jogja. Siapa yang ga tau koyopasar? Jadi, koyo pasar adalah tempat yang menjual roll film kamera analog dengan segala accesoriesnya yang termacho di Jogja. Mantep bukan?

Tempat Jual Roll Film Kamera Analog di Jogja Koyo Pasar

Yaiyalah, gila apa.

Ehe.

Kembali ke Canail Film Lab, tempat cuci film kamera analog yang berada di Jogja satu ini berlokasi di sekitaran Demangan. Jadi untuk teman-teman yang merasa dekat dengan Demangan dan bermain kamera analog, ya silakan saja untuk cuci film di sana. Ehe.

Untuk informasi terkait berapa biaya cuci film kamera analog di Canail Film Lab Jogja ini, silakan untuk melihat foto di bawah ini.

Harga Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jogja Canail Film Lab

Anjay, ku baik sekali memang. Ehe.

Yah, kira-kira itu sih yang bisa kujabarkan terkait tempat cuci film kamera analog di Jogja yang masih buka. Sedih juga karena kok ternyata dikit ya. Tapi lumayan juga sih untuk ukuran Kota Jogja, mereka masih menyimpan para pegiat fotografi kamera analog.

Tapi sejujurnya aku masih cukup sedih ketika mengetahui bahwa pasca idul fitri kemarin, Bersoreria ternyata secara resmi menutup cabang lab cuci filmnya yang ada di Jogja. Huft, sedih sekali.

Semoga yang masih tersisa 4 ini (dan tentu saja lainnya jika ada dan aku tidak mengetahuinya) tidak ikut tutup, serta senantiasa kamera analog masih selalu ada pasarnya.

Aku sunggu tida ingin kamera analog kemudian menghilang dan hilang, jangan sampai yak.

Tetap kawal burningalive anjoyyyyyyy

Salam 35mm.

0 Comments

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.