Review Roll Film B&W Untuk Pemula : Kentmere 100

Review Roll Film Kentmere 100

Halohahahuhahuha

Kembali lagi ke sebuah postingan random yang membahas masalah kamera analog lagi, kamera analog terus, dan kamera analog melulu tapi biarin saja wle karena aku suka diriku sendiri.

Apaan banget anjir.

Etapi kenapa aku selalu membuat postingan yang awalannya adalah kembali lagi, kembali lagi, dan kembali lagi ya? Padahal aku tidak pernah kemana-mana dan tetap setia berada di sini loh.

Oh, iya.

Kan kalian yang biasanya pergi.

Iya.

Pergi.

Bangke bener ini tulisan arahnya mau dibawa kemana fukyuw.

Okay deh, aku nggak pernah suka berlama-lama walaupun kadang berbasa-basi juga sih, ehe. Pada kesempatan kali ini, aku ingin membuat heading dulu sebentar, soalnya kalau di sini langsung mengatakan hendak menulis apaan sebelum heading ku buat, jadinya biasa banget dan spoiler abis. Alhasil, ya heading dulu ya?

eh bentar, kan dari judul juga udah ketahuan kalau aku hendak menulis apaan ya?

ah bodok deh.

Review Roll Film Kamera Analog Kentmere 100

Roll Film Kentmere 100

Kentmere 100

Yuhuuuuw, tentu saja kali ini aku akan menulis sebuah review roll film black and white macho bermerk kentmere dong pun ah. 

Nggak tau kenapa, secara pribadi, aku memiliki ketertarikan tersendiri terhadap roll film black and white. Padahal, kalau misal kita lihat dengan awam, hasil antara roll film black and white satu dengan black and white lainnya itu relatif hampir sama nggak sih?

Aku aja susah loh, membedakan roll film kentmere 100 sama ilford 100 itu beda tonenya bagaimana wkwkw. Ngaco banget diriku yang sungguh amatiran ini. Tapi ya namanya juga suka kan ya, nanti juga perlahan-lahan akan mengerti wuhuhuw.

Baca juga : Roll Film Fuji C200 yang Cocok Untuk Pemula

Okay, begini. Aku menulis tulisan ini sambil membaca detail mengenai produk dari kentmere 100 yang dijabarkan oleh web ilford, kira-kira begini bunyinya jika diterjemahkan oleh google terjemahan :

Kentmere 100 adalah film hitam & putih berkecapatan sedang yang cocok untuk berbagai aplikasi dimana kondisi pencahayaan yang baik tersedia (baik di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan pencahayaan terkontrol).

Butiran halus dan ketajaman yang sangat baik membuatnya cocok untuk cetakan pembesaran sementara rentang nada yang luas dan garis lintang eksposure yang lebar menjadikannya pilhan yang cerdas untuk pemula dan mereka yang hendak kembali bermain kamera film.

Jajaran kentmere dimiliki dan diproduksi oleh teknologi Harman dan mengikuti proses kualitas tinggi yang sama seperti yang digunakan untuk membuat semua film dan kertas ilford photo.

Kentmere 100 peka pankromatis dan dapat diproses di berbagai pengembang berbeda menggunakan tangki dalam, dan prosesor otomatis.

begitu.

paham ngga?

engga kan?

ya sama dong pun, tapi intinya begitu sih. Roll film kentmere 100 ini sangat cocok untuk pemula karena bisa diaplikasikan di kondisi pencahayaan yang cukup baik, entah di luar maupun di dalam ruangan.

macho sekali bukan?

ya iya dong, makanya diriku suka wuhuw.

Kelebihan Roll Film Kentmere 100

Kelebihan Roll Film Kentmere 100

Sebenernya apa yang dijabarkan oleh website ilford di atas itu tuh sudah menjabarkan perihal kelebihan dari roll film kentmere 100 ini, yang mana roll film kentmere 100 ini sungguh sangat pemula friendly sekali.

Dari segi harga, sebenarnya roll film kentmere 100 ini tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan roll dilm black and white lainnya. Terlebih lagi, ISO 100 yang dimiliki oleh roll film kentmere 100 ini ya cukup pas juga untuk motret dengan kondisi cahaya yang ala kadarnya ataupun cahaya cerah sekalipun.

Pokoknya mantap sekali sih menurutku roll film kentmere 100 ini.

Aku sangat merekomendasikan roll film kentmere ini untuk kalian yang hendak mencoba memotret dengan roll film black and white untuk pertama kalinya. Juga, apakah ada yang hendak mencobanya? Mari aku bisa memberinya satu untuk dirimu yang memang mau, silakan komentar saja. Tapi satu orang dulu saja, karena kalau kebanyakan nanti aku tidak punya duit untuk makan bagaimana? 

Ehe.

Kekurangan Roll Film Kentmere 100

 

Kekurangan Roll Film Kentmere 100

Nah sekarang membahas masalah kekurangan dari roll film kentmere 100 ini aku agak bingung nih mau menjabarkan tentang apaan. Pasalnya, aku cukup suka dengan roll film ini. Tapi aku juga tidak boleh berpihak ya

Hmm.

Apa ya...

Baca juga : Review Roll Film Terbaik Kodak Pro Image 100

Oiya, gini aja, secara pribadi aku akan menjabarkan bahwa kekurangan dari roll film kentmere 100 ini adalah... cara membedakan tone roll film kentmere 100 dengan roll film black and white lainnya itu gimana ya caranya?

eh, sebentar.

Ini mah bukan kekurangan dari roll film kentmere 100, tapi lebih ke kekurangan yang ada dalam diriku yang amatiran ini.

Jadi, ya ya maapkan aku wuhuw.

Kita standing applause untuk kentmere 100 yang tidak memiliki celah untuk aku menjabarkan kekurangan si roll film tersebut.

ehew.

Hasil Roll Film Kentmere 100

 

Hasil Roll Film Kentmere 100

Asik-asik, kita masuk ke bagian yang paling menyenangkan dari tulisan review ini, yaitu perihal hasil jepret dari apa yang aku review. Nah, kali ini yang aku bahas kan kentmere 100 nih, jadi yang akan aku tunjukan di sini adalah hasil dari masakan chef juna.

...

....

.....

DIA MELUCU!

AHA.

kriuk abis.

Okay, langsung saja nih, silakan dilihat-lihat wuhuw.

Hasil Roll Film Kentmere 100 (Source : Lomography/Apisit)
Hasil Potret Kentmere 100 (Source : Lomography/Apisit)
Hasil Roll Film Kentmere 100 (Source : Lomography/Fotoflix)
Hasil Roll Film Kentmere 100 (Source : Lomography/Apisit)
Hasil Roll Film Kentmere 100 (Source : Lomography/Vinnylee)
Hasil Roll Film Kentmere 100 (Source : Lomography/_wool_x)

Harga Roll Film Kentmere 100

 

Harga Roll Film Kentmere 100

Nah, tulisan reviewku selalu ku akhiri dengan sebuah informasi yang akan membawa kalian semua untuk memilih, apakah hendak mencoba apa yang aku review atau mengabaikannya.

Baca juga : Review Roll Film Murah Kodak Gold 200

Pasalnya, harga dari apa yang akan kita beli itu selalu berpengaruh untuk kepemilikkan kita nantinya. Oleh karena itu, pikir ulang sekali lagi ya. Informasi mengenai detail produk, kelebihan, kekurangan, maupun hasil dari roll film kentmere 100 ini apakah sudah cukup untuk membuat kalian penasaran?

Jika sudah, maka ada hal yang lebih pamungkas lagi mengenai semua itu...

Harga dari roll film kentmere 100 ini adalah berkisar di angka Rp. 100.000 - Rp. 150.000, tergantung dimana dirimu membeli. Tapi rata-rata di angka seratus ribu lebih sedikit kok. Jadi masih agak bisa terjangkau kok. Kan sudah kubilang bahwa harga roll film 


3 Comments

  1. mantap emang ngebingunginsih cara gimana ngebedain hasil roll film B&W,kak nanti review roll film ilford duuung.Sama bahas kenapa harga rollf ilm ini naik terus ya syedih akutuh

    BalasHapus
  2. Helmhlmihilmieko16 Mei 2022 12.43

    mantap emang ngebingunginsih cara gimana ngebedain hasil roll film B&W,kak nanti review roll film ilford duuung.Sama bahas kenapa harga rollf ilm ini naik terus ya syedih akutuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw bener kan, ternyata memang sunggu membingungkan wkwkw. wokai, nanti aku bahas yaaaaak. terimakasiiiii

      Hapus

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.