Review Kamera Analog : Fujica M1

 

Fujica M1


Haloha.

Kembali lagi kita membahas-bahas masalah kamera analog nih asik. Kali ini saya akan mencoba untuk membahas perihal kamera analog sejuta umat, yang dari dulu permasalahannya selalu sama yaitu : kait belakangnya suka patah wakaka. Tapi nggapapa, kamera analog jenis ini selalu dibangga-banggakan oleh orang Indonesia, karena katanya, ini kamera adalah salah satu kamera analog buatan Indonesia dong.

Bangga?

Ya jelas dong pun.

Nah, nama kameranya adalah Fujica M1.

Hayo, siapa yang saat pertama kali melihat kamera analog fujica m1 ini, sempat mengira bahwa ini adalah kamera mewah model slr atau rangefinder? Ya saya lah. Wakaka.

Dulu secara pribadi, saya merasa kagum dengan bentuk dari kamera analog fujica m1. Soalnya terkesan mewah dan bagus banget gitu. Apalagi tonjolan lensanya yang seolah-olah bisa diputer kayak ngatur focusing dan aperture. Padahal mah boro-boro, ini kamera hanya toycam semata ya sayang wkaka.

Baiklah, mari kita review sejenak terkait kamera analog Fujica M1 ini ya.

Gaskeun.

Review Kamera Analog Fujica M1

Apa itu Fujica M1?

Kamera Analog Fujica M1

Okay, sesuai dengan apa yang tadi sudah saya jabarkan di atas, bahwasanya kamera analog fujica m1 ini adalah sejenis kamera analog yang tergolong toycam, dimana pabrikannya saat itu dibuat oleh Indonesia.

Salah satu kamera analog buatan Indonesia kayaknya, memang patut dibanggakan sih Indonesia mah. Kalau Pemerintahannya mah kagak. Ehe.

Sebagaimana layaknya kamera toycam, fujica m1 ini menjelma menjadi salah satu kamera analog berjenis toycam yang setting focusingnya menganut jurus sunny 16. Kalau misal dirimu ada yang memiliki kamera fujica m1, coba cek di lensanya, di situ ada semacam gambar matahari, awan, dan petir. Disitu kamu tinggal setting aja, kalau dirasa cuacanya cerah banget, kamu setting gambar matahari. Kalau cuacanya mendung atau berawan, tinggal setting gambar awan. Kalau gelap dan butuh flash, tinggal setting petir, tapi pastikan kamu punya flash externalnya dong.

Lensa Fujica M1
Bisa dibilang, kamera analog fujica m1 ini merupakan kamera sejuta umat, yang banyak orang menggunakannya. Dari dulu, sampai sekarang deh. Nyatanya, banyak banget orang yang masih nyari-nyari ini kamera.

Jadi, siapapun di antara kalian yang merasa punya atau mendapat peninggalan dari orang tua akan kamera analog fujica m1 ini, ya bersyukurlah dan disimpan sebaik-baiknya saja ya?

mantap.

Kelebihan Kamera Analog Fujica M1

Kelebihan Kamera Analog Fujica M1
Saat berbicara masalah kelebihan dari kamera analog fujica m1, maka kita akan membahas dari segi bentuknya dulu ya. Karena, ya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa kamera fujica m1 ini memiliki bentuk yang bagus dan mewah gimana gitu.

Pokoknya kamu jadi akan sangat merasa percaya diri gitu deh, kalau misal membaca kamera analog fujica m1 ini.

Orang-orang yang melihat pun otomatis akan naksir dan bertanya-tanya, wah, kameranya bagus, beli dimana ya itu? dan lain-lain sebagainya.

Untuk tingkatan kamera analog toycam, fujica m1 pun juga punya kelebihan dalam pengaturan lensanya. Meskipun nggak tau akan banyak berpengaruh atau tidak, tapi itu sudah menjadi nilai lebih kalau menurut saya pribadi.

Ehe.

Terakhir, karena kamera analog fujica m1 ini bentuknya bagus, biarpun suatu saat nanti ini kamera rusak, kamu tetap bisa menyimpannya sebagai pajangan.

Mantap bukan?

Kekurangan Kamera Analog Fujica M1 

Kekurangan Kamera Analog Fujica M1
Bicara masalah kekurangan, baiklah, kita tentu akan berbicara masalah harga. Pasalnya, di Indonesia ini, para pelapak kamera analog sudah mematok harga yang cukup tinggi untuk kamera analog fujica m1 ini.

Mereka berbekal bahwa si kamera analog fujica m1 ini memiliki bentuk bagus dan buatan Indonesia,, sehingga harga dinaikan sedemikan rupa. Padahal, jika saya melihat kondisi pasar, uang yang dipakai untuk membeli kamera analog fujica m1 dengan harga tinggi ini, bisa digunakan untuk membeli kamera analog model lain dengan ketajaman lensa yang mantap. Bahkan mungkin bisa untuk membeli kamera analog rangefinder atau SLR.

Gitu.

Untuk kualitas lensa dari kamera analog fujica m1 ini sebenernya standar banget sih. Yah, sekelas lensa toycam dengan focal length 40mm deh. Ngga bisa ngatur bokeh atau tidak gitu-gitu.

Oiya, satu lagi. Si kamera analog fujica m1 ini memiliki kelemahan yang bisa menjadi jati diri bahwa ya fujica m1 banget gitu, yaitu pengait backdoor yang mudah patah. Maka sering banyak yang menyebutkan bahwa kamera analog fujica m1 ini adalah kamera lakban.

Ehe.

Tapi tetap, semua tergantung selera kok.

Contoh Hasil Kamera Analog Fujica M1

Kali ini saya akan menunjukkan beberapa hasil jepretan kamera analog fujica m1 ini ya, tentu saja sumber saya ambil dari lomography. Terkait bagus atau tidaknya, tergantung dari momen saat pengambilan dan roll film yang dipakai yak.

Silakan dilihat-lihat.

source : lomography/ihsanhw
source : lomography/cencenna
source : lomography/nauditaolivia
source : lomography/adriwalagri

Harga Kamera Analog Fujica M1

Harga Kamera Analog Fujica M1
Bicara masalah harga kamera analog fujica m1 ini, tentu saja kita bicara masalah pasar yang sudah pasti berbeda-beda setiap pelapak dalam memasarkannya.

Namun belakangan, saya pernah melihat ada yang menjual kamera analog fujica m1 ini di angka Rp. 160.000 bahkan ada yang di angka Rp. 850.000.

Jelas saja mereka menjual tergantung kondisi ya.

Ada yang dijual dengan kondisi pengait backdoor patah, ada yang utuh, ada yang bodynya masih bagus, ada yang body sudah tempur, ada yang include flash external, ada yang tanpa flash external.

Jadi, pintar-pintar kalian saja dalam memilih pelapak kamera analog ya. Jangan ragu untuk menawar dan menego. Jangan segan juga apabila ada yang hendak bertanya-tanya dengan saya di sini.

Mantap.

Terimakasih banyak.






13 Comments

  1. model kameranya retro sih. Saya suka.. hehe
    kalau untuk hasilnya saya lebih milih pake kamera hape. meskipun kesan foto yang dihasilkan dari kamera fujica ini tergolong unik.. Terimakasih buat ulasannya btw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener kan. Untuk bentuk dari kameranya itu kayak nyenengin dan retro abis memang. Tapi untuk hasil, ya tipikal kamera analog sebenernya ya.

      Ehehe, terimakasih juga sudah membaca ya :D

      Hapus
  2. Meski jadul tetapi kamera Fujica M1 pernah jadi primadona dimasanya yaa mas...😊😊

    Meski sekarang agak sulit mencari Kamera model2 pake Roll gitu...Padahal dulu mah top banget yee mas..😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, mas. Dulu pernah jadi primadona buat para pemain analog ehehe :D

      Yah, zaman maju sekali ya sekarang. Tapi masih ada yang tetep main kamera analog ini kook eheh :D

      Hapus
  3. Wah jadi inget beberapa tahun lalu sempat booming lagi kamera analog, banyak yang menggunakan lagi. Saya punya kamera Fuji DL7 yang umurnya lebih tua dari diri sendiri, tapi sayangnya udah nggak kepake dan seertinya rusak.. hehehe

    Ulasannya menarik, bisa jadi referensi nih kalau nanti-nanti saya ingin punya kamera analog. hehehe Thankyou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha bener banget mba, beberapa tahun lalu sempet booming memang kamera analog mah. Tapi sekarang sisa ampas-ampasnya saja nih. Meskipun tetep ada yang make :D

      Waaaa, dulu make fuji dl7 juga ya? mantap mba eheheh

      Terimakasih juga sudah mau mampir dan membaca ya mba :D

      Hapus
  4. Ya Allah saya punya yang mirip seperti ini
    Ga tadi tipenya apa yg jelas milik ortu yg diberikan kepada saya dan adik buat belejar foto2😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaa, sekarang masih dipakai ngga mba?

      mantap sekali orang tuamu, memberikan kepada dirimu dan adik untuk belajar :D

      Hapus
  5. Apa rekomendasi kamera analog untuk saya yg pemula tapi ingin belajar motret? tentunya dengan budget yg pas di kantong krn ya siapa saya yg bukan anak sultan ini

    Thankyou sebelumnya

    BalasHapus
  6. Mau tanya ajha ini untuk backdoor rusak apa masih bisa di ganti ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masi bisa diganti kok, kalau males ganti, sekarang ada kayak lock-an backdor fujica m1 kok

      Hapus
  7. Kalau untuk roll filmnya biasanya make apa mas haha mau beli takut ga cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain pake kodakcolorplus200 aja kaaak

      Hapus

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.