Review Kamera Analog Termurah : Toycam Olymbus

Kamera Analog Termurah : Toycam Olymbus

Halohohoho.

Anjir, kok seperti sinterklas yak. Eh, ya nggapapa. Di blog ini, jati diri tidak terlalu penting, karena yang penting adalah menulis, menulis, dan menulis. Walau kadang pegel duduk, walau kadang judeg mikir. Eh nggak juga ding, karena habis menulis kadang langsung merebah dan menonton konten-konten video yang memberi cerah seperti misal...

Apa ya kira-kira konten yang mencerahkan?

Ah, iya. Zakir Naik.

AJEGILE NGERI SEKALI TONTONANKU ZAKIR NAIK.

Tapi yang diimpersonet sama orang Indonesia di tiktok.

Wakwaw.

Etapi, sebentar, saya kira-kira mau menulis apa ya kali ini? Hmm.

YAELAH DRAMA AMAT, PADAHAL SEBELUM MASUK KE PARAGRAF INI SAYA KAN SUDAH MENULIS JUDUL YANG MANA JELAS-JELAS MAU MEREVIEW KAMERA ANALOG TERMURAH YAITU TOYCAM OLYMBUS.

Oiya, benar.

Okai, baik. Mari kita buat headingnya biar cepat.

Review Kamera Analog Toycam Olymbus

Apa Itu Toycam Olymbus?

Kamera Analog Toycam Olymbus

Yak mantap, jadi kamera analog toycam olymbus adalah salah satu kamera plastik yang harga dipasarnya bisa dibilang paling murah di antara lainnya. Untuk kamera analog toycam olymbus dengan kondisi new old stock saja, saya pernah melihat ada yang menjual berkisar di angka Rp. 100.000 saja.

Murah banget dong pun.

Tapi, tentu hal itu sebanding dengan hasil yang nanti akan diberikan oleh kamera analog toycam olymbusini. Pasalnya, ya bener aja, si kamera ini full plastik banget. Ga ada organ dalam atau partikel emas-emasnya seperti yang dimakan oleh sisca kohl.

Meski demikian, saya merasa bahwa kamera analog toycam olymbus ini sudah cukup pas untuk mereka yang baru mau mulai dan terjun di dunia analog sih. Karena pertama, murah. Kedua, manual. Ketiga, ringan dan lucu aja gitu buat dibawa kemana-mana.

Baca Juga : Review Kamera Analog Kodak M35

Lagipula, biasanya orang-orang yang pertama main kamera analog, kebanyakan dari mereka adalah yang penasaran ga sih? Bukan yang bener-bener memperhitungkan masalah hasil? Kecuali mereka yang sudah main kamera duluan, lalu pen nyoba kamera analog. Kayaknya tujuan utamanya adalah hasil. Maka rekomendasiku adalah mencoba kamera analog merk leica atau sejenisnya.

Wakwaw.

Kenapa dinamakan toycam olymbus? Mungkin karena dia ada hubungan darah sama christoper colombus, jadi nama panjangnya bisa jadi christoper olymbus.

YAKALE!

Kelebihan Kamera Analog Toycam Olymbus

Kelebihan Toycam Olymbus

Bicara masalah kelebihan dari kamera analog toycam olymbus ini, tentu saja kita bicara masalah harga dulu, yang mana sungguh murah dan ya ampon hemat di kantong.

Saya pernah nemu ada pelapak yang menjual kamera ini di angka Rp. 50.000 loh, ya ampon, sama roll film saja murahan kamera analog toycam olymbus ini. Udah gila.

Jadi sudah jelas banget sih, kelebihan utamanya adalah super duper murah banget dan bisa dijangkau oleh semua orang dari berbagai kalangan ya, yang memang minat sama kamera analog tentunya. Kalau nggak minat sama kamera analog, buat apa beli kan?

Ehe.

Kelebihan lain dari kamera analog toycam olymbus ini adalah dari segi bentuk dan bobot dari si kamera, yang mana simpel dan gemas aja gitu. Bisa dikantongin secara mudah dan nggak bikin ribet kalau dibawa kemana-mana deh pokoknya.

Case Aquapix Toycam Olymbus

Oiya, ini kamera analog toycam olymbus juga ada semacam casing aquapix yang bisa dipake di dalam air loh. Tapi, saya ragu sih, apakah ini kamera bagus untuk memotret di dalam air yang butek begitu. Kecuali motretnya di laut dengan air yang jernih sejernih bola matamu ya.

Aw.

Kekurangan Kamera Analog Toycam Olymbus

 

Kekurangan Toycam Olymbus

Nah, bicara masalah kekurangan dari kamera analog toycam olymbus ini, sudah jelas saya akan menjabarkan masalah build qualitynya dulu, yang cuma plastik.

Literaly plastik semua anjir, yang mana sudah pasti bakal rapuh banget sih. Tapi amannya, dia nggak bakal berkarat. Jadi semua tergantung perawatan juga dong pun ah. Ehe.

Baca Juga : Review Kamera Analog Fujica M1

Selain dari built quality, tentu saja kekurangan dari kamera analog toycam olymbus adalah pada hasil yang diberikan. Karena cara kerja kamera analog toycam olymbus ini seperti kamera lubang jarum yang sederhana gitu-gitu, bukaan lensa ngedip, cahaya masuk, dan terekspos dengan baik, ya udah, hasilnya sederhana banget. Soalnya ga bisa ngatur shutterspeed sih. Kalau kamera lubang jarum, shutterspeed tergantung kapan kita menutup lensa kan, nah kalau ini tidak.

Jadi apa adanya banget sih.

Nah, tentu semua tergantung selera ya.

Kalau dirimu suka, ya gapapa.

Hasil Kamera Analog Toycam Olymbus 

Okai, berikut saya coba lampirkan beberapa hasil dari pengambilan foto menggunakan kamera analog toycam olymbus, yang bersumber dari teman-teman di instagram ya.

Kalau misal kalian lihat, bisa dibilang hasilnya nggak jele-jele amat kan? Semua tergantung pada cahaya, tangan, dan ketidakdugaan oleh kamera analog dong ehehe.

Kamera analog itu hasilnya emang suka diluar dugaan kok.

Source : Instagram/@joo_film
Source : Instagram/@fiksis
Source : Instagram/@damn.sor
Source : Instagram/@Larasarumsekar

Harga Kamera Analog Toycam Olymbus

Harga Toycam Olymbus

Ini adalah hal terpenting di postingan saya mengenai kamera analog ya sepertinya, mengingat semua orang kalau mau beli apapun tuh ya liatnya pasti harga, kecuali orang-orang kaya yang tinggal tunjuk dan walaaa delisisimo barang itu sudah ada di tangan.

Mantap.

Baca Juga : Review Kamera Analog Aikon Xpas 1

Nah, untuk harga dari kamera analog toycam olymbus itu seperti yang sudah saya bahas di awal, berkisar di angka Rp. 80.000 ya, dan bisa kurang maupun lebih, tergantung pada kondisi dan pelapak. Maka, di akhir pembahasan review kamera analog atau roll film, saya selalu mengingatkan agar kalian pintar-pintar memilih saja.

Bisa jadi kalian nemu kamera murah dengan kondisi yang mantap bukan?

Baiklah, kira-kira cukup ya, apa yang bisa saya sampaikan tentang kamera analog toycam olymbus ini. Siapa yang berminat untuk membeli, selamat mencari-cari.

Oiya, selamat berbahagia juga karena itu hakmu.

Terimakasih.

19 Comments

  1. Harga kameranya kok bisa lebih murah dari harga roll filmnya ya 😂, hasil fotonya juga terbilang baguss. Jadi lebih mending kamera ini dong daripada yang disaposable 😂 *masih aja bahas disaposable camera*
    Btw Kak Feb, biasa kalau cetak 1 roll film kisaran berapa harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ini kamera sering dibilangnya kamera chiki wkwkw, dan hasilnya bisa bagus kalau pencahayaannya bener-bener bagus ya di outdoor wkwkw :D

      Bebas dong, sesuai kebutuhan aja wkwkw. Konsep disposable kan sebenernya kayak toycam ini, bedanya si disposable ada flashnya saja wkwkw :p

      Kalau cuci scan 1 roll biasanya 50 ribuan mba

      Hapus
  2. Pas lihat judulnya, mataku jadi melek gini dong, Mas 🥺. Dan pas lihat nominal harganya aku terkaget-kaget. Beneran ada kamera semurah itu?? 100.000an?? Bahkan ada yang jual di bawah itu?? Dan ternyata ada. 🥺

    Tapi itu hasilnya bagus juga lho, Mas. Kalau buat foto outdoor di siang hari pas panas kentang-kentang oke lah ya.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha beneran mba, kemarin aku beli dua biji aja cuma 120k wkwkw.

      Hasilnya lumayan bagus mba, tapi ya itu, harus di outdoor dengan tingkat cahaya yang potatos-potatos wkwkw

      Hapus
  3. Wuhhh walaupun ini kamera teknologi juadull.. tapi tetap ya hasilnya bagus. Retro2 gimana gtu.. haha

    Kayanya kamera ini cocok buat jadi koleksi barang2 antik ya..

    Hehe.. tadi pas baca aku malah salfok sama Sisca Kohl.. 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget mas, meski jadul, tapi hasil nggak kalah dong. Cocok buat mereka yang nyari hasil retro :D wkwkw

      Sangat cocok dong :D

      Sisca Kohl memang junjunganku sekali :D

      Hapus
  4. Ini harga serius apa setengah rius, Mas. He he ...

    BalasHapus
  5. suka pula saya tengok kamera berwarna warni tu. tampak ceria ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, warnanya lucu dan ceria sangat :D

      Hapus
  6. p/s sambung komen esok ya... selamat berbuka puasa ;-)

    BalasHapus
  7. yampun mini banget ya
    lupa lupa ingat nih aku, kayaknya dulu aku pernah hampir beli ini kamera di olshop, waktu itu keperluannya memang mau nyari kamera yang bisa diajak nyelem gitu, maunya kalau rusak kena air laut nggak nyesel nyesel amat hahaha, tapi kayaknya nggak kebeli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahaa dulu dirimu sempet nyari ini yak :D wkwk tapi aku agak sangsi sih, ini kamera kualitasnya biasa banget, jadi nggak jamin bisa menghasilkan foto mantap kalau motret di dalam air.

      Lebih baik pake yang vivitar marine gitu :D

      Hapus
  8. Saya pernah punya kamera yang kecil kayak gini, waktu itu diberi teman (hadiah ultah) tapi karna pada dasarnya saya kurang tertarik dengan dunia photografi jadi akhirnya kamera ya kurang terawat bahkan lupa dimana keberadaannya sekarang.

    Tapi Lain halnya dengan kamera ini, lihat reviewnya saya jadi tertarik untuk memiliki kamera kecil, simpel, dan hasilnya bagus. Harganya itulo sangat membagongkan hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha seneng banget kamu diberi hadiah ultah sama teman sebongkah kamera hehehe :D tapi tidak terawat karena kurang suka ya :D gapapa deh ehehehe.

      Hahaha iya kak, harganya mantap. Maren aku beli dua cuma kena 120k wkwkw

      Hapus
    2. Murah gila itu mah hasilnya juga lebih bagus ketimbang kamera hp ku yang kentang ini hehe.

      Hapus
    3. Wahahaha ngga dong kak, kalau dirimu suka motret juga, pasti kamera hape juga bagus kok :D wkwkw

      Hapus
  9. haii, aku baru aja beli toycam olymbus kira2 klo lgsg beli film yg iso 500 gapapa? makasii yaa

    BalasHapus

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.