5 Aplikasi Scanner Klise / Film Negatif Kamera Analog

Aplikasi Scan Film Negatif Kamera Analog

Halo.

Bagaimana kabarnya?

Ya elah, perasaan setiap hari saya posting blog, yang saya tanyakan adalah kabar, kabar, dan kabar, sekali-kali saya ingin bertanya masalah bagaimana visi misi pegadaian atau apa tujuan pemerintah 10 tahun ke depan saja deh.

Tapi terlalu berat.

Lagipula, memang pemerintah punya tujuan?

Pemerintah Uganda maksudnya anjir, kalau Indonesia mah terstruktur tujuannya sangat rapi dan mantap jiwa ulala.

Okay deh, nggak perlu berlama-lama berbicara karena akan menimbulkan bahaya, maka pada kali ini saya akan mencoba memberikan pembahasan perihal aplikasi scan film/klise negatif kamera analog.

Eh, gimana maksudnya?

Gini.

Mungkin, di antara teman-teman para pembaca yang menyasar atau dengan sukarela mengunjungi balik blog saya, mempunyai hasil film/klise negatif peninggalan orang tua kalian, yang bisa jadi berisi foto masa kecil, foto kenangan orang tua, atau foto-foto apapun yang apabila kalian melihatnya bisa saja mendapat informasi baru.

Nah, kalian bisa men-scan atau memindai atau apa ya sebutannya, pokoknya melihat hasil gambarnya dengan aplikasi ini, tanpa harus menerawang-menerawang menghadap cahaya gitu. 

Berguna sekali bukan?

Ya tentu saja, karena tidak ada hal di dunia ini yang tidak berguna saja. UU ITE yang bangke itu saja, memiliki guna untuk pihak-pihak berduit atau apalah itu namanya.

Ehe.

Mari kita jabarkan satu-persatu terkait aplikasi scan film/klise negatif kamera analog yak, semoga bisa berguna dan terpakai. Jika tidak dan mungkin kurang maksimal, ya nanti saya kasih tau solusinya di belakang saja wle.

Oiya, sekedar informasi di awal, untuk aplikasi scan klise / film negatif kamera analog ini hanya bisa dipakai atau digunakan untuk film yang telah dicuci/develop ya, ya kalik masa film belom dicuci/develop, udah main scan aja, nanti terbakar dong pun.

5 Aplikasi Scan Klise / Film Negatif Dari Kamera Analog

1. Filmbox By Photomyne

Aplikasi Scan Klise / Film Negatif Kamera Analog : Filmbox by Photomyne

Okai, sebelumnya, saya akan mencoba menjabarkan aplikasi scan klise / film negatif kamera analog yang pertama dan memang terbukti menghasilkan scan mantap dan memuaskan.

Aplikasi scan klise / film negatif kamera analog ini bernama filmbox by photomyne, yang mana saya mengetahuinya sudah kurang tahun lalu, karena ini aplikasi pernah viral di twitter dan tiktok, dimana disitu ada satu orang yang mencoba aplikasi ini dan hasilnya mantap serta prosesnya mudah banget.

Baca juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog Jakarta

Oiya, sekedar informasi, ini aplikasi hanya ada di app.store, alias yang mana khusus buat pengguna apple. Dulu saya sempet kesel, kenapa ini aplikasi bagus dan mantap cuma bisa dipakai buat pengguna apple saja. Kok diskriminasi sih? 

Tapi ternyata, setelah saya search sekarang, eh, filmbox ini juga ada buat android loh, tapi kayaknya berbayar. Eh ga tau juga. Apa namanya? Mari kita pindah ke nomer dua.

2. Filmbox Film Negative Scanner

Aplikasi Scan Klise / Film Negatif Kamera Analog : Filmbox Negatif Scanner

Nah, ini dia aplikasi scan klise / film negatif kamera analog yang kedua, dimana produknya juga dari pabrikan yang sama yaitu photomyne. Terkait bagus atau tidaknya, sudah pasti kualitasnya hampir mirip dong pun. Masa dibeda-bedakan sih, seperti agama saja.

WAW!

Ehe, sebenernya keberadaan aplikasi scan klise / film negatif kamera analog ini sungguh sangat membantu kita untuk kembali mengenang foto-foto lama atau foto masa kecil ya, itupun kalau misal orang tua kita dulu main kamera analog, atau minimalnya, masih menyimpan beberapa klise / film negatif zaman dahulu.

Ehe.

Kemarin untung saya nemu beberapa klise / film negatif peninggalan orang tua, ketika saya bermain ke rumah saudara. Tanpa ba-bi-bu, saya langsung gas membawanya pulang dong ehe.

Silakan dicoba apabila teman-teman mau mencobai yak!

3. Photo Negative Scanner : View & Convert Color Film

Aplikasi Scan Klise / Film Negatif Kamera Analog : Photo Negative Scanner

Untuk aplikasi scan klise / film negatif kamera analog yang ketiga adalah photo negative scanner : view & convert color film, yang mana jika kita main membandingkan, hasil dari scanner ini kurang lebih baik daripada hasil dari filmbox yang di atas ya.

Tapi kenapa saya ikut tampilkan aplikasi ini?

Lha kan judulnya 5 aplikasi scan klise / film negatif kamera analog, masa yang saya masukin aplikasi gojek anjir?

Baca juga : Review Kodak M35

Udah bener dong ini.

Saya masukin ini ke list agar bisa menjadi pembanding dan dicoba-coba saja, siapa tau kalian malah lebih cocok sama aplikasi scan klise / film negatif kamera analog yang ini kan?

Ya silakan, semua kan tergantung selera.

Uwu.

4. KODAK Mobile Film Scanner 

Aplikasi Scan Klise / Film Negatif Kamera Analog : Kodak Mobile Film Scanner

Okay, selanjutnya adalah aplikasi scan klise / film negatif kamera analog keluaran dari Kodak, yaitu Kodak Mobile Film Scanner. Sesuai dari namanya, tentu saja aplikasi ini digunakan untuk scan klise / film negatif dari kamera analog ya. Bukan buat pinjaman online.

Oiya, jangan pinjol-pinjol dong, kata orang itu berbahaya.

Tapi kalau nemu yang aman dan baik, yasudah ngapapa.

Saya ngga mau memaksa.

Untuk kualitas dari aplikasi scan klise / film negatif kamera analog yang satu ini, sebenernya juga ngga lebih baik dari aplikasi scan klise / film negatif kamera analog yang bernama photomyne di atas tadi sih, tapi nggapapa, kalian harus mencobanya juga jika mau.

Hidup adalah tentang seleksi.

Bukan begitu kan, CPNS?

WAKAKAKA.

5. Darkroom Negatif Scanner

Aplikasi Scan Klise / Film Negatif Kamera Analog : Darkroom Negative Scanner

Nah, ini aplikasi scan klise / film negatif kamera analog kayaknya baru keluar deh. Soalnya untuk pengunduhnya baru sedikit banget. Hmm, atau mungkin hanya jelek atau apa saja ya? Tapi nggak tau sih, saya belum nyobain kalau yang ini.

Ehe.

Baca juga : Review Kodak Color Plus 200

Tapi kalian kalau minat dan penasaran, bisa banget dicoba. Nanti habis ini terposting, saya juga pasti akan mencoba kok. Tapi nanti, mau beribadah dulu karena ini bulan Ramadhan.

Yaela alasan.

Ehe.

Sebenernya aplikasi scan klise / film negatif kamera analog ini dulu ada banyak sih, tapi nggak tau kenapa kok pada ilang-ilangan ya. Apa karena kurang mantap dan hasilnya nggak bagus? Dulu seinget saya ada yang namanya Helmut dan film scanner gitu, tapi hasilnya memang biasa banget sih.

Jadi yaudah.

Ilang nggapapa.

Nah, begitulah kira-kira informasi terkait aplikasi scan klise / film negatif kamera analog yang bisa saya sampaikan.

Apakah di sini ada teman-teman yang punya klise / film negatif peninggalan orang tua atau siapapun yang bisa buat discan? silakan dicoba-coba yak.

Kalau misal ternyata hasil dari aplikasi scan klise / film negatif kamera analog ini kurang memuaskan, solusi dari scan klise / film negatif kamera analog adalah dengan membawanya ke lab devscan film, dan minta tolong untuk scan film saja. Biayanya kalau gak salah sekitar Rp. 25.000 kok.

Uhuy.

 

#NB : aplikasi scan klise / film negatif kamera analog ini hanya bisa dipakai pada klise / film negatif yang SUDAH dicuci/develop ya.

25 Comments

  1. Nah, ini dia. Izin bookmark dulu mas.

    BalasHapus
  2. Waduh, kenapa bawa bawa pemerintah wakanda juga kang, sama tes CPNS.😂

    Aku tidak punya negatif film kang, dulu sebelum rumah lama dibongkar kalo ngga salah ada sih negatif film tapi ngga tahu sekarang kemana. Padahal lucu ya kalo lihat foto zaman kecil dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keceplosan, mas :p wkwkwkw

      Wahahaha sudah terbuang atau dikumpulkan ke suatu tempat yang entah di mana ya mas :D wkwkw gapapa deh mas wkkwwk

      Hapus
  3. Ya ampun mas, aku malah udah lupa kapan terakhir kali liat klise, udah lama banget soalnya hihihi, mungkin tahun 2005an, setelah itu aku langsung berganti sama kamera digital.

    Eh tapi sampai skrg suamiku masih punya kameranya loh, udah berasa kaya punya barang antik hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha kebanyakan kayak sudah terselip/diasingkan kemanamana ya klisenya wkwkwkw sudah lama banget memang wkwkw

      WAAAAA SALAM BUAT SUAMINYA YANG MAIN/PUNYA KAMERA ANALOG. AKU HORMAT :p

      Hapus
  4. Setelah mampir dan membaca post ini, aku langsung pengin balik dari perantauan utk cakar cakar, bukan cakar orang iya :d tapi, cakar kotak penampungan poto poto, siapa tau masih ada rol pilem (klise) jaman baheula...

    Tunggu waktu saja..

    Tks iya mba Feb infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehehe, nanti kalau misal mudik atau apa, coba cari mba, siapa tau ada klise yang bisa discan kan ehehehe :D

      Terimakasih juga ya mba :D

      Hapus
  5. Saya baru tahu ada aplikasi scan klise lho, jadi bisa lihat foto jadoel ya. Kadang album foto entah di simpan dimana tapi klisenya nangkring di lemari hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehehee iya mba, ini difungsikan buat yang bener-bener pengen nyecan beberapa kenangan lama di klise :D

      Nah, bisa dicoba tuh :D

      Hapus
  6. kabar gue baik, dan kayaknya gue gak salah berteman di sini. kamu kok bisa kasih tahu info begini sih...? ck ck ck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha mantap, mas. Mari berteman dengan baik :D wkwkkww

      Nanti ada info-info lainnya :p

      Hapus
  7. Waaah sumpah baru tau ada aplikasi beginian ....
    kayaknya belum nyari klise-klise lagi di rumah, semoga masih ada yang tersisa, penasaran pengen pake aplikasi ini juga ...

    makasih infonya , nice banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha nanti dicari mas kalau ada yak :p wkwkw

      terimakasih juga mas :D

      Hapus
  8. Wah bedanya yang udah dicuci sama belum gimana kak? Waktu itu pernah nemu klise akhirnya dibuang karena gatau buat apa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum dicuci, dia nggak ada fotonya mba. dan kalau masi maksa buat discan/dikeluarin dari canister, hasilnya terbakar semua mba :(( jadi, dicuci/develop dulu ya sebelum discan gini wkwkww

      Yaaaaaah, wkwkw sayang banget udah dibuang ya :')

      Hapus
  9. Ehh kok canggih?? Ahhaha 😆😆
    I mean nggk pernah terpikirkan sebelumnya kalau klise bisa di scan hanya pke aplikasi dan kamera ponsel.. haha 😆

    Aku sangka mereka harus dibawa ke tempat gelap merah remang2 buat dicuci.
    Btw ngomongin ruangan buat nyuci foto kamera analog..

    Pertanyaan yg sering hinggap di kepala aku adalah kenapa ruangan cuci foto harus remang2 merah. Emnk kalau pakai lampu biasa putih gtu nggak bisa ya?? 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kalau scannya bisa pake aplikasi kok mas, tapi kalau develop, tetep harus diruang gelap dan pake beberapa chemical yak :D wkwkwkw ini lebi ke cara mindahin hasil klise kamera analog ke hape sih.

      Kalau cuci memang harus ke ruang gelap dong pun.

      kenapa harus remang-remang merah gitu, karena biar ga terpapar cahaya langsung gitu sih. Soalnya klise kamera analog yang belum tercuci itu sangat sensitif sama cahaya, kena sedikit, ya bakal ada terbakar/flare yang muncul di hasilnya :D

      Hapus
  10. oh, baru tahu ada scan aplikasinya....

    bermanfaat.... thank you for sharing

    BalasHapus
  11. Waah ternyata ada aplikasinya ya, bisa dicoba nih buat scan foto-foto waktu masih bayi...
    Eh, tp sepertinya saya lupa dimana nyimpan klisenya hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahahhaa iya kak, ada caranya kok :D wkwkw wadu, malah lupa ya nyimpennya dimana wkwkw :D

      Hapus
  12. wow ternyata ada ya... lumayan nih buat mindahin arsip2 pada klise jadul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe iya mas, sekarang ada aplikasi buat scan klise kamera analog gini :D

      Hapus
  13. Wah, aku belum pernah coba untuk scan klise film. Jadi tertarik untuk coba, supaya setelah scan, klise2 film bisa aku buang.

    BalasHapus

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.