Berapa Biaya Cuci Film Kamera Analog?

Cuci Film Kamera Analog (Source : Adorama.com)

Uhuw.

Bagaimana ya caranya memenuhi konsistensi diri disela-sela rutinitas hari yang membosankan dan menjenuh diri?

Ku saat ini mempekerjakan diri pada sebuah perusahaan yang berdalih membangun negeri, tapi jenuh datang bertubi-tubi. Ingin sekali mengalihkannya pada hobi, tapi kok rebahan lebih mengenaki? Sementara hobi harus kujalankan agar tida memageri. Keluar dari perusahaan untuk patuh pada hobi pun juga terdengar seperti janji-janji politisi, yang bersemangat di awal saja sisanya ya lupa dan abai-abai huft.

Sebentar.

Aku akan memikirkannya dahulu, sementara sekarang yuk menulisi diri terlebih dahulu perihal kamera analog yang ku nggak tau apakah masih diminati atau tidak.

Masih ada yang suka bermain kamera analog nggak sih?

Apa dia sudah mulai terlupa karena bengkaknya harga cuci?

Ngga tau juga, tapi yang jelas aku masih suka dan bahagia saat memainkannya. Apalagi melihat hasil-hasilnya.

Ehe.

Nah, barangkali di sini masih ada teman-teman yang merasa belum pernah bermain kamera analog dan penasaran atau ragu-ragu terkait berapa biaya yang diperlukan, tentuu saja postingan ini adalah jawaban tercerah yang akan kalian dapatkan.

Asek bener.

Benarkah Harga Cuci Film Kamera Analog Mahal?

Harga Cuci Film Kamera Analog (Source : mpix.com)

Beberapa orang, mereka merasa takut dan ragu untuk mulai bermain kamera analog karena info yang beredar, kamera analog adalah hobi yang mahal.

Ya, benar juga sih. Sedikit.

Tapi sisanya ya ngga begitu juga.

Benarkah 

Soalnya, orang yang main kamera analog itu kan juga jarang-jarang saja. Nggak yang setiap saat setiap waktu. intinya tergantung kebutuhan dan keperluan saja. Jika ingin pakai kamera analog, ya dia akan pakai kamera analog. Tapi bukan berarti kamera digital biasa tidak dibawa, mereka tetap membawa. Ada momen-momen yang kayaknya bagus kalau dipakai memotret dengan kamera analog, ada yang bagus kalau dipakau memotret dengan kamera digital.

yin dan yang saja kan.

Baca juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog di Jakarta yang Masih Buka

Aku pun seperti itu, pokoknya kalau sudah jalan-jalan untuk memotret ya bawaannya ribet ga karuan. Bawa inilah, bawa itulah. Ya, padahal hasil yang ada pun juga nggak bagus-bagus amat. Udah ribet aja hasilnya ngga bagus, gimana kalau ga ribet ya?

Semua butuh effort emang.

dan bakat.

dan feeling.

Aku tida punya ketiganya.

Wakwaw.

Nah, jika temen-temen di sini ingin tau tentang berapa biaya cuci film kamera analog, maka aku akan menjabarkannya dengan senang hati.

Berapa Cuci Film Kamera Analog?

Berapa Biaya Cuci Film Kamera Analog (Source : mpix.com)

Jadi, biaya cuci film kamera analog adalah berkisar di angka Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000. Tergantung jenis film, format film, resolusi film, dan lokasi tempat cuci filmnya dong tentu saja.

Variatif banget deh.

Apa sih yang mempengaruhi perbedaan harganya di masing-masing tempat cuci film?

Biasanya alat develop yang dipakai ya, yang mana akan berpengaruh pada kualitas gambarnya. Ada yang alat developnya menghasilkan foto dengan tone yang kurang bagus, ada yang alat developnya menghasilkan foto dengan tone yang bagus banget.

Ya, ada harga ada kualitas juga dong tentunya ya?/

Kalau perbedaan harga yang dipengaruhi oleh jenis film?

Ya ini karena di process cuci film format 135 kan ada C41 dan ECN2, nah disitu ada perbedaan sedikit. Kalau C41 itu process biasa, sedangkan ECN2 itu ada 1 process tambahan yang mana menghilangkan lapisan remjet di film tersebut. jadi tentu saja, biasanya harga cuci film untuk jenis film C41 dan ECN2 itu lebih mahal ECN2.

Baca juga : Tempat Cuci Film Kamera Analog di Tangerang yang Masih Buka

Kalau perbedaan harga karena format film?

Ya, format film di bumi ini kan banyak ya. Ada 135 biasa, ada E6, ada 120, ada APS, dan ada yang lain-lainnya. Nah, kerumitan atau perbedaan saat mencuci ini yang menghasilkan perbedaan harga yang cukup signifikan. Untuk normalnya sih, cuci film yang labnya masih mau melayani sih ya cuci film 135 saja. Sisanya tergantung tempat, ada yang bisa nyuciin dan ada yang udah ga bisa karena alatnya bisa jadi berbeda.

Gitu-gitu pokoknya.

Gimana?

Sudah tercerahkan belum?

Kalau sudah, boleh sekali loh kalian mencoba untuk bermain kamera analog.

Cobain dulu.

Nanti juga ketagihan.

Ehe

0 Comments

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.