Review Kamera Analog : Kodak M38

 

Kamera Analog Kodak M38

Haloha, yuhu.

Wah, lama sekali ini diriku tidak menulis tulisan di sini. Ternyata membagi waktu itu sangat sulit, apalagi untuk mereka yang memiliki pacar dua biji dan membagi waktu untuk bisa berpacaran sekaligus tanpa ketahuan ya?

Chaos sekali hidupnya. 

Ku nggak suka ribet-ribet amat sih, kalau sempet ya nulis, kalau enggak ya nanti dulu. Selama masih hidup, mari bersurvive satu-satu saja karena banyak-banyak ngapain juga, toh yang didapetin juga cuma satu. Eciye gitu.

Karena blog ini dikhususkan untuk membahas kamera analog dan mungkin beserta cerita pendukung lainnya, makan kali ini ku akan kembali membahas masalah kamera analog, khususnya dalam hal review-mereview yak.

Apa yang akan kureview kali ini?

Ya, ku kan membahas masalah kamera analog keluaran kodak yang biasa disebut dengan Kodak M38.

Loh, apa bedanya dengan Kodak M35?

Eits, bentar dulu. Ku harus membuat header di sini dulu. Wait.

Review Kamera Analog Kodak M38

Apa itu Kamera Analog Kodak M38?

Spesifikasi Kodak M38

Yoiy, mungkin beberapa teman-teman yang membaca atau sekedar nggak sengaja nyasar untuk mampir ke blog ini, kalian pernah mendengar tentang kamera analog kodak series M ini. Sebelumnya, ku pernah membahasnya dalam postingan khusus mengenai Review Kodak M35. Maka kali ini, ku akan membahas si kakak dari kamera analog kodak M35, yaitu Kamera Analog Kodak M38.

Hampir sama seperti kodak m35, kodak m38 ini salah satu kamera analog keluaran kodak yang masih diproduksi sampai hari ini. Jadi bisa dibilang, ya kamera analog yang bener-bener pure baru di dunia ini sekarang ya cuma ada di kodak m series ini. Eh, sama disposable camnya juga ding. Sisanya, yang ada di pasaran adalah new old stock, alias stock yang masih ada dari lama tapi belum terjual-jual.

Tapi meski demikian, harga kamera analog new old stock juga meningkat seiring berjalannya waktu. Gila sekali memang harga kamera analog sekarang ini ya.

Perbedaan Kodak M38 dengan Kodak M35

Perbedaan Kodak M38 dengan Kodak M35

Mungkin di sini, ada teman-teman yang bertanya terkait perbedaan dari kamera analog kodak m38 dengan kamera analog kodak m35, bukan?

Ya, ku akan menjawabnya secara garis besar dan garis kecil jika ada.

Baca juga : Review Kamera Analog FMO

Pada dasarnya, kodak m-series ini dibuat dengan bentuk lensa dan cara pemakaian yang sama. Hanya, karena di sini beda penomoran seriesnya saja, tentu ada perbedaan dari segi desain warna dan motif. Kalau kontur bentuk sih hampir sama ya sebenernya, jadi ya itu, agar terlihat lebih variatif saja gitu.

Tapi kalau kalian bingung terkait hasilnya lebih bagus mana, maka ku akan menjawab bahwa hasilnya akan sama bagusnya. Jadi jangan khawatir untuk masalah hasil ya, PR kalian memilih antara Kodak M35 dengan Kodak M38 hanya di bagian, kalian suka desain dan warna yang seperti gimana aja gitu?

Santai saja.

Kelebihan Kamera Analog Kodak M38

Kelebihan Kamera Analog Kodak M38

Menurut pendapat pribadi, ku menganggap bahwa satu-satunya kelebihan dari Kodak M38 adalah dari segi si kamera ini yang merupakan produk keluaran terbaru aja. Ya, karena Kodak M38 merupakan pabrikan terbaru, maka jelas bentuk serta desain dari kameranya mengikuti perkembangan zaman dan menarik minat khalayak umum.

Tidak jadi mengherankan, secara keawetan dan fungsi mekanikal, kodak m38 ini tidak akan semudah itu rusak dibanding dengan saingannya dari produk fujifilm, canon, nikon, dan ricoh, yang mana mereka hanya menyisakan kamera analog dari pasaran lama atau bekas.

Untuk kalian yang suka tampil trendi, kodak m38 ini sangat cocok untuk kalian gitu ya. Apalagi kalau misal ini kamera tidak terpakai, bisa dijadikan hiasan yang bagus di sudut lemari kamar. Mantap deh pokoknya.

Oh iya, selain dari segi bentuk, karena kodak m38 ini merupakan kamera manual, jadi lebih praktis aja makenya. Fungsi batre pada kamera ini hanya digunakan untuk flash saja. Jadi ketika kalian lupa bawa batre, ya kamera ini tetap bisa dipake dong. Mantap kan?

Kelemahan Kamera Analog Kodak M38

Kelemahan Kamera Analog Kodak M38

Jika berbicara masalah kelemahan, ku akan menjabarkan dari segi hasil jepret si kamera ini yang notabenenya masih biasa-biasa saja. Pasalnya, komponen dari lensa si kamera ini hanya sekedar plastik berlapis mika kalau ga salah. Jadi kayak kurang mantap aja gitu sebenernya.

Baca Juga :  Review Kamera Analog Hikari Cam

Selain dari segi hasil, tentu kita akan membahas dari aspek built quality yang hanya berbahan plastik, dimana tentu saja rawan sekali untuk rusak alias ringkih gitu. Tapi serba salah juga sih, kalau punya kamera analog dengan built quality bagus, tapi mechanicalnya kadang yang sensitif. Ehe.

Harga dari kodak m38 ini juga tergolong mahal sih, tapi sebenernya sebanding juga mengingat kamera analog kodak m38 ini merupakan produk keluaran terbaru. Tapi dengan harga yang cukup mahal hanya bisa menghasilkan foto yang minimal, menurutku agak kurang sih. Ku bisa membeli kamera dengan hasil yang lebih bagus tapi dengan harga sepadan, hanya saja kamera tersebut bekas.

Jadi, ya semua pilihan.

Ehe.

Hasil Foto Kamera Analog Kodak M38

Oh iya, ku akan melampirkan beberapa hasil yang sebenernya bagus juga untuk para pemula yang ingi memakainya. Semua tergantung dari pengguna kameranya juga ding ya kalau masalah bagus atau jeleknya mah.

Jangan ragu juga untuk membeli kamera analog kodak m38 ini juga ya, karena hasilnya bagus kok untuk ukuran kamera plastik.

Silakan dilihat.

Source : Lomography/brokensonnet

Source : Lomography/Axenna

Source : Lomography/brokensonnet

Source : Lomography/yetialchemist

Source : Lomography/peanuts3005

Harga Kamera Analog Kodak M38

Harga Kodak M38

Nah, jika teman-teman di sini sudah selesai membaca perihal review yang telah saya tulis dengan gamblang walaupun agak kurang jelas, dan kalian merasa ingin memilikinya walau sebiji saja, kalian cukup menyiapkan dana sebesar...

sebentar, saya searching dulu harga pasarannya berapa ya.

wait.

Baca Juga : Review Kamera Analog Fujica M1

Aha, harga termurah yang kulihat di marketplace adalah sebesar Rp. 365.000 kalau tidak salah. Lumayan sih ini ya? Sedikit lebih mahal dari Kodak M35, padahal perbedaan hanya dari desain dan kombinasi warnanya saja.

Tapi sekarang terserah kalian saja deh, mau membeli yang mana karena ku tidak berhak membatasi atau mengatur keinginan kalian yang memiliki uang.

Yang jelas, untuk kalian yang tertarik dan ingin mencoba bermain kamera analog, silakan dibeli kamera analognya karena jika tidak, ya kalian mau memotret menggunakan apa hadeh.

Dah ah, gitu aja.

Terimakasi uhuy!



10 Comments

  1. Kurang paham saya gan soal kamera. kameranya yg pakai roll film kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaap, nggapapa kok Mas. Bener, pake roll film wkwkw

      Hapus
  2. Kirain aku kamera analog harganya mahal, diatas satu juga, eh ternyata cuma 365 ribu di online shop.

    Bentuk kamera Kodak M38 bagus ya, desainnya kekinian dan warnanya juga cakep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehe iya mas, dulu aku juga mengiranya bakal mahal gitu. Ternyata masih bisa terbilang murah, cuma ya itu, proses potonya yang mahal wkwkw

      Hapus
  3. Hm .... Berbcara masalah camera nenek ini sangat buta. Kalau punya, cuman bisa make ajah. Terima kasih telah berbagi, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw nggapapa mba, saya juga baru belajar-belajar wkwkw:D

      Woke mba, terima kasih sudah mampir yak :D

      Hapus
  4. Dulu pernah punya kodak. Lupa seri apa. Jaman masih smp, kakak beli dengan harga 200ribu. Dipakai pas piknik, repotnya kalau pas ganti roll film. Jam segitu belum paham kamera, asal jepret aja. Tahu-tahu kehabisan film..hahhaaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha seru banget, aku pas masa kecil belom sempet main kamera analog gitu. Baru bisa main sekarang, jadi berasa ketinggalan saja wwkw. Tapi nggapapalah wkwk

      Hapus
  5. Request bahas kodak ultra f9 dong kak. Ehe. Makasih

    BalasHapus

Terima kasih telah datang dan berkomentar, atau mungkin hanya membaca-baca saja. Semoga harimu membahagiakan.